Dalam bahasa Indonesia, dikenal beberapa jenis teks yang digunakan sebagai sistem penulisaan. Dua jenis diantaranya adalah teks eksplanasi dan proseedur. Kedua jenis teks ini cukup banyak digunakan sebagai sistem penulisan berbagai artikel yang ada di internet. Namun masih ada banyak orang yang belum mengerti dengan jelas letak perbedaan dari kedua jenis artikel tersebut.

Tujuan penulisan teks eksplanasi dan teks prosedur

Teks eksplanasi dibuat untuk meenerangkan bagaimana sebuah fenomena terjadi. Sedangkan teks prosedur menerangkan cara untuk membuat sesuatu. Dilihat dari masing-masing tujuannya teks eksplanasi dan teks prosedur memiliki perbedaan. Hal tersebut juga terlihat dari struktur teks yang menyusun keduanya.

Struktur teks eksplanasi dan teks prosedur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teks eksplanasi berbeda dengan teks prosedur. Hal ini dikarenakan teks eksplanasi membahas bagaimana sesuatu bisa terjadi, dan teks prosedur membahas bagaimana membuat sesuatu. Berikut ini perbedaan struktur teks yang ada pada keduanya :

  1. Bagian pernyataan umum pada teks eksplanasi dan bagian pendahuluan pada teks prosedur

Pada bagian ini, pernyataan umum berisi tentang pendahuluan tentang fenomena yang akan dibahas. Begitu juga dengan bagian pendahuluan pada teks prosedur.

  1. Bagian isi untuk teks eksplanasi dan bagian alat dan bahan pada teks prosedur

Disinilah letak perbedaan dari teks eksplanasi dan teks prosedur. Teks eksplanasi terfokus pada bagaimana sesuatu bisa terjadi dan membahas sebab akibat dari fenomena tersebut. Sedangkan pada teks prosedur lebih terfokus pada bagiamana cara membuat sesuatu, dan alat dan bahan yang diperlukan.

  1. Bagian penutup pada teks eksplanasi dan langkah-langkah pada teks prosedur

Pada bagian ini teks eksplanasi memasuki bagian penutup yang menyertakan kesimpulan akhir dari teks. Sedangkan pada teks prosedur akan dibahas bagiaamna langkah-langkah dalam mewujudkan sesuatu sesuai dengan topik yang dibahas.

Beberapa perbedaan teks eksplanasi dan prosedur tersebut akan lebih mudah dipahami apabila disertai dengan contoh teksnya secara langsung. Anda bisa mencari contoh teks eksplanasi dan teks prosedur di rumusrumus.com.