Cara Melakukan Diagnosa Efektivitas Organisasi

 

 

HR Presentation -Setelah saya dan anda bisa  melakukan diagnosa akar masalah secara tepat, maka tahapan  berikutnya ialah  melakukan intervensi. Intervensi dapat ditafsirkan  sebagai serangkaian perbuatan  terencana untuk menolong  meningkatkan efektifitas organisasi. Intervensi bertujuan guna  merubah kedudukan  quo; mereka dengan sengaja mengupayakan  merubah organisasi atau sub unit menuju situasi  yang lebih efektif.

 

Dua aspek urgen  yang bisa  menjadi kriteria   dalam menilai  level keberhasilan suatu  intervensi ialah  :

  1. Sejauh mana ia cocok dengan keperluan  organisasi
  2. Sejauh mana ia dapat mentransfer kapasitas guna  berubah pada segenap anggota organisasi

 

Selanjutnya, ada  empat unsur  yang bisa  menjadi key success factors dalam merancang dan merealisasikan  proses intervensi. Keempat unsur  itu ialah  sbb:

 

  1. Readiness for Change atau kesiapan organisasi tersebut untuk berubah.

Kesiapan guna  berubaha ini paling  menilai  keberhasilan suatu  proses intervensi. Contohnya, bagaimana rakasasa teknologi IBM mengerjakan  proses transformasi guna  menghindarkan dirinya dari kematian yang menyedihkan  pada mula  tahun 90-an. Seperti anda  tahu, ketika  itu, IBM secara global berada pada ambang kebangkrutan lantaran didera kerugian lebih dari 7 milyar US dollar. Pesaing-pesaing baru yang lebih lincah datang menyergap dan menggerogoti kue bisnis IBM – kesatu  secara pelan-pelan, tetapi  lama-lama terasa sergapan tersebut  makin menciptakan  IBM limbung – laksana  raksasa yang kehilangan oksigen guna  bernafas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *