Pemerintah Tahun 2019 Tak Berencana Menerbitkan Jenis Pajak Terbaru

Posted on

Pemerintah Tahun 2019 Tak Berencana Menerbitkan Jenis Pajak Terbaru

Jasa Konsultan Pajak Jakarta – Kementerian Keuangan melalui BKF (Badan Kebijakan Fiskal) telah memastikan jika pemerintah tidak akan mengeluarkan jenis pajak terbaru untuk mendongkrak hasil penerimaan dari perpajakan di tahun depan.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Suahasil Nazara menyampaikan jika untuk mendorong penerimaan dari sektor pajak, maka paradigm yang dipakai bukan lagi dengan cara menerbitkan banyak kebijakan dari keberadaan pajak terbaru melainkan dengan cara meningkatkan kepatuhan masyarakat untuk mau membayar pajak terutama mereka yang secara resmi telah ditunjuk sebagai wajib pajak.

“Kami tidak berencana untuk menciptakan pajak baru namun lebih compliance ke arah yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya”

Bahkan menurut beliau, pemerintah akan serta merta memberikan insentif bagi pajak pelaku usaha, termasuk memberikan penghapusan pajak pertambahan nilai atas penyerahan jasa kena pajak untuk sewa alat angkutan udara internasional.

“Pajak pertambahan nilai sewa alat angkut udara yang saat ini sedang gencar dimintai oleh maskapai, lantas baru dipertimbangkan untuk pertambangan batu bara”

Pemerintah juga berinsitiatif untuk memberikan insentif pengurangan dari PPh badan tax holiday di maan sudah tertulis dalam paket kebijakan ekonomi nomor XVI. Rencananya payung hukum dari insentif ini akan diterbitkan di pekan ini.

“Bisa saja keluar di pekan ini, karena ini kan peraturan yang diberikan oleh Peraturan Menteri Keuangan, namun belum diundangkan tapi memang akan keluar”

Kementerian Keuangan Mempersiapkan Sejumlah Insentif Pajak Demi Tarik Investasi

Kementerian Keuangan sudah mempersiapkan diri dengan baik yakni dengan mengaplikasikan sejumlah kebijakan perpajakan demi menarik investasi. Hal ini disesuaikan dengan arahan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan RI, mengatakan jika dilihat dari scope-nya, saat ini insetif perpajakan yang telah diberikan pada dunia usaha telah mencakup tax holiday yang mana sudah diatur di dalam Peraturan Menteri Keuangan pada nomor 35 tahun 2018 yang diperluas dari segi sektornya.

“Pemerintah turut memakai tax allowance untuk memberikan insentif bagi pengusaha kecil dan kelas menengah serta memberikan pembebasan dari pembayaran pajak pertambahan nilai juga insentif perpajakan di bidang pertambangan juga biaya masuk yang telah ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah” ucap Sri Mulyani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *