Jenis-Jenis Lighting Panggung Bagian I

Posted on

Jenis-Jenis Lighting Panggung Bagian I

Sewa Lighting Panggung Jakarta – Jika Anda memiliki ketertarikan yang cukup besar dalam dunia lighting panggung maka Anda tidak perlu merasa bingung ketika mengetahui ada banyak model, fitur, harga dan tipe dari lighting panggung. Berikut ini informasi lengkap mengenai jenis lighting panggung yang akan banyak membantu Anda memahami berbagai macan jenis lighting panggung yang umumnya digunakan di dunia pertunjukan baik skala kecil atau skala besar.

PAR

Disebut sebagai parabolic aluminized reflector merupkaan fixture yang umumnya kita temukan dalam lighting panggung. Pada dasarnya PAR ini merupakan fixture static yang memang tidak bisa bergerak yang akan menembakan cahaya yang cahayanya berpendar tanpa memiliki batasan yang jelas, lampu ini berfungsi dengan baik sebagai flood light untuk dapat mengisi setiap ruangan serta membantu menghasilkan suasana tertentu.

Bar

Bar fixture hampir mirip dengan PAR yang mana memiliki fungsi utama untuk dapat mengisi ruangan dengan cahaya akan tetapi memiliki bentuk linier yang bentuknya memanjang. Jadi hasil cahaya yang ditembakan jauh lebih merata dan tidak akan terpusat maupun berbentuk oval sebagaimana lampu PAR.

Panel

Fixture panel ini sebagaimana namanya memiliki bentuk seperti panel yang secara keseluruhan permukaannya untuk memancarkan cahaya. Terdapat panel yang biasa dipakai sebagai wash atau flood untuk dapat menghasilkan cahaya yang merata di ruangan, dan terdapat pula panel yang bersifat modular. Fungsinya untuk menggantikan layar video atau lighting raksasa yang bisa deprogram dengan memakai metode pixel mapping.

Pinspot

Merupakan fixture yang memiliki dimensi berukuran kecil yang biasanya bisa dipasang dalam kadar jumlah yang cukup banyak dan sangat mudah untuk dipasangkan di sejumlah posisi, dan mampu menembakan cahaya spot light.

Cannon

Merupakan fixture yang kampok serta umumnya bertugas untuk menghasilkan beam yang mana terpusa dengan output berukuran besar untuk bisa memberikan efek aerial di light show. Umumnya peralatan ini memiliki beam angle yang ukurannya kecil tidak mirip dengan PAR namun juga tidak memiliki batasan jelas sebagaimana spot light.

Centerpiece

Peralatan ini merajuk untuk seluruh fixture yang umumnya akan ditempatkan di center ruangan, sehingga bisa dilihat persis dari seluruh sisinya dan juga mampu memancarkan cahaya ke semua arah dengan menggunakan beam angle yang luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *