Tips Mengurus Pajak Sendiri Untuk Pekerja Bebas

Posted on

Tips Mengurus Pajak Sendiri Untuk Pekerja Bebas

Gotax – Bila ingin tinggal di suatu negara yang menggunakan sistem pemungutan pajak di dalamnya termasuk Indonesia, maka Anda harus taat membayar pajak termasuk jika pekerjaan Anda adalah freelancer. Sayangnya berbeda dari pegawai yang terikat dengan hukum kerja di perusahaan, seorang freelancer harus mengurus seorang diri mengingat tidak adanya ikatan khusus yang mengikatnya dengan perusahaan klien. Ada baiknya jika Anda memanfaatkan kecanggihan digital untuk dapat membantu melaksanakan pembayaran pajak pribadi.

Sebelum Anda membayar pajak, Anda perlu memiliki NPWP terlebih dahulu dan seorang WNI maupun WNA secara otomatis akan dikenakan pajak bila pendapatannya dalam setahun melebihi PTKP. Di Indonesia, PTKP sebesar Rp. 54 juta/tahun atau setara dengan Rp. 4 juta 500 ribu/bulan yang mana telah berlaku sejak Januari 2016.

Untuk dapat membuat NPWP Anda memerlukan sejumlah berkas termasuk KTP atau Passport untuk WNA yang pindah ke Indoensia. Lalu, lakukan pendaftaran secara online dengan cara mengakses ereg.pajak.go.id

Kalkulator Pajak Penghasilan dan Pajak Pertambahan Nilai

Setelah Anda paham dengan baik dan berhasil melakukan pendaftaran hingga memperoleh NPWP sendiri, selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran pajak tepat waktu.

Aplikasi ini sengaja dibuat untuk dapat memandu kita melakukan perhitungan jumlah pendapatan yang telah ditambahakan dengan pajak pertambahan nilai atau pajak penghasilan. Tersedia daftar tingkatan pajak dan pengguna pun bisa menambahkan tingkatan itu sendiri. Ada pun pecahan yang dipakai dapat dalam jumlah kecil jadi perhitungan pajaknya dapat disesuaikan lagi. Terdapat juga sejumlah pilihan tema maupun bahasa yang akan memudahkan kita untuk memakai aplikasi ini.

Pajak Online DKI Jakarta

Untuk membantu masyarakat DKI Jakarta,Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Aplikasi ini nantinya akan menampilkan informasi dari objek pajak yang sudah didaftarkan lebih dahulu. Penggunanya akan memperoleh notifikasi jatuh tempo dan informasi masa pajak, sampai informasi tentang ketetapan pajak. Untuk pembayaran pajaknya sendiri bisa dilakukan dari Bank DKI Jakarta baik melalui teller atau melali mobile banking dan fasilitas atau fitur lainnya yang diberikan oleh bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *