7 Buku Pengembangan Diri yang Akan Mengubah Hidup Anda

Posted on

Jika Anda ingin mengembangkan diri, salah satu cara terbaiknya adalah dengan membaca buku-buku  pengembangan diri. Buku-buku seperti itu, terutama yang berbahasa Indonesia, banyak dijual di toko-toko buku ternama.

Penulisnya mulai dari motivator ternama dalam negeri sampai penulis satisfactory dealer dunia (buku terjemahan).

Namun, dari banyaknya buku tentang pengembangan diri tersebut, mana yang harus Anda baca?

Jangan khawatir. Di postingan ini, Anda akan mengetahui tujuh buku pengembangan diri yang menurut saya bagus dan akan mengubah hidup Anda.

Berikut tinjauan singkat ketujuh buku tersebut.

1. The One Thing oleh Gary Keller dan Jas Papasan
Sering kewalahan menyelesaikan pekerjaan? Waktu tampaknya kurang terus untuk mengerjakan pekerjaan Anda? Tidak tahu pekerjaan mana yang harus diprioritaskan?

Jika ya, Anda perlu fokus.

Buku The One Thing: Kekuatan Fokus untuk Mendorong Produktivitas bisa membantu Anda untuk memiliki kebiasaan berfokus.

The One Thing menawarkan cara berfokus yang menurut saya benar-benar baru yaitu Pertanyaan untuk Berfokus (The Focusing Question).

Pertanyaan tersebut adalah Apa SATU HAL yang dapat saya perbuat sehingga dengan mengerjakannya segala sesuatu yang lain akan menjadi lebih mudah atau tidak perlu?

Intinya, Pertanyaan untuk Berfokus mendorong Anda untuk mengerjakan SATU HAL yang menurut Anda paling berdampak pada segala hal lain.

Sebagai contoh, jika Anda seorang motivator baru dan ingin menjadi salah satu motivator ternama, maka bisa jadi SATU HAL Anda adalah menulis buku tentang pengembangan diri atau motivasi.

Dengan buku tersebut, Anda akan dikenal orang sehingga mungkin saja lebih mudah menjalin kerja sama dengan motivator-motivator ternama.

Lebih detailnya, konsep SATU HAL ala Gary Keller dan Jay Papasan ini merupakan Hukum Pareto ekstrem. Dalam Hukum Pareto, Anda berfokus pada 20% tindakan yang memberikan 80% hasil.

Sementara itu, dalam SATU HAL, Anda berfokus pada SATU tindakan dari 20% tindakan tersebut.

Lihat Juga : Buku Motivasi

2. Law of Attraction oleh Michael J. Losier
Anda mungkin pernah mendengar atau membaca Hukum Ketertarikan (Law of Attraction). Hukum ini berlandaskan positif dan negatif.

Sebagai contoh, suasana hati atau perasaan negatif akan memancarkan getaran negatif yang bisa dicirikan oleh muka kusut, become-become, marah, dan sejenisnya.

Nah, bagaimana cara menerapkan hukum tersebut untuk meraih apa yang Anda inginkan? Jawabannya akan Anda dapatkan di buku Law of Attraction: Mengungkap Rahasia Kehidupan.

Buku great supplier internasional karya Michael J. Losier ini merupakan panduan praktis bagi siapa saja yang tertarik mempraktikkan Hukum Ketertarikan dengan relatif mudah karena dilengkapi dengan lembar-lembar kerja .

Inti dari buku ini adalah mengubah getaran negatif menjadi getaran positif.

Caranya dengan menuliskan pernyataan negatif (misalnya Anda mau menang sendiri), lalu bertanya pada diri sendiri apa yang Anda inginkan dan menuliskannya sebagai getaran positif.

Setelah itu, coret getaran negatif dan Anda berfokus kepada getaran positif. Dengan fokus pada getaran positif itu, Anda akan bertindak meraih apa yang Anda inginkan.

3. Mimpi Sejuta Dolar oleh Alberthiene Endah
Apakah Anda sekarang memiliki masalah yang menurut Anda sangat susah dipecahkan? Ingin mendapat motivasi untuk menyelesaikan masalah tersebut?

Anda akan menemukan motivasi tersebut di buku Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah.

Buku Mimpi Sejuta Dolar mengisahkan perjuangan seorang Merry Riana saat kuliah dan bekerja di Singapura. Merry Riana hanya punya 10 dolar Singapura setiap minggunya untuk bertahan hidup demi menyelesaikan kuliahnya.

Setelah lulus, ia berjuang sangat keras mulai dari petugas pembagi selebaran iklan sampai penjual asuransi.

Dari perjuangannya tersebut, Merry Riana akhirnya sukses dalam kariernya dan bisa meraih penghasilan 1 juta dolar Singapura di usia muda (26 tahun).

Dengan mengetahui perjuangan dan kegigihan Merry Riana di buku tersebut, saya optimistis Anda akan memiliki motivasi untuk menyelesaikan masalah.

Baik masalah yang berkaitan dengan personal maupun profesi Anda.

4. Mestakung oleh Yohannes Surya
Profesor Yohannes Surya bukanlah seorang motivator, namun ia dikenal sebagai fisikawan kondang Indonesia.

Meskipun demikian, di buku Mestakung: Rahasia Sukses Meraih Impian, ia berbagi pengalaman dan rahasia suksesnya.

Mestakung, yang berarti semesta mendukung, menawarkan strategi sukses yang diambil dari konsep sederhana Fisika yaitu self-organizing (pengaturan diri).

Konsep ini menunjukkan bahwa ketika sesuatu berada dalam kondisi kritis maka setiap partikel di sekelilingnya akan bekerja serentak demi mencapai titik ideal.

Menurut buku ini, agar mestakung terjadi, ada tiga tahapan yang harus Anda lakukan:

Menempatkan diri pada kondisi kritis (misalnya menentukan sasaran yang jelas)
Melangkah (bertindak)
Tekun menghadapi segala rintangan sehingga sasaran tercapai
Sebagai catatan saja, saya sangat beruntung membeli buku ini pada pertengahan Juli 2013, padahal buku tersebut terbit pada 2006.

Secara tidak sengaja, saya menemukannya di tumpukan buku diskon di sebuah toko buku di Makassar. Sampai artikel ini dibuat, saya sudah tiga kali membaca buku Mestakung.

Five. The Power of Habit oleh Charles Duhigg
Saya percaya bahwa kebiasaan (habit) merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan. Semakin banyak kebiasaan baik, semakin sukseslah seseorang.

Apa itu kebiasaan? Bagaimana kebiasaan terbentuk? Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk?

Jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas dapat Anda temukan di buku The Power of Habit: Mengapa Kita Melakukan Apa yang Kita Lakukan dalam Hidup dan Bisnis.

Buku karya Charles Duhigg, reporter investigasi The New York Times, ini merupakan salah satu buku pengembangan diri terlaris di dunia.

Secara gamblang, buku The Power of Habit ini mengungkap temuan ilmiah terbaru yang menjelaskan mengapa kebiasaan ada, apa unsur-unsurnya, dan bagaimana kita dapat mengubah kebiasaan pribadi, organisasi, maupun komunitas.

Bagian terbaik pada buku ini terletak pada Lampiran yang berisi panduan praktis bagi pembaca untuk mengubah kebiasaan buruk apa pun.

Panduan yang menampilkan cara Charles Duhigg menghilangkan kebiasaan buruk mengudap kue pada sore hari ini terdiri dari empat langkah, yaitu:

Indetifikasi rutinitas
Coba-coba dengan ganjaran
Temukan tandanya
Susun rencana
Selain di buku The Power of Habit, bingkai kerja panduan tersebut bisa Anda lihat di sebuah artikel di weblog Charles Duhigg yang berjudul A Flowchart for Changing a Habit.

6. Young on Top oleh Billy Boen
Jika Anda masih berusia muda dan ingin meraih kesuksesan apa pun di usia tersebut, buku Young on Top: 35 Kunci Sukses di Usia Muda merupakan salah satu buku pengembangan diri yang perlu Anda baca.

Ditulis Billy Boen, seorang pengusaha muda lulusan perguruan tinggi di Amerika Serikat dan mantan manajer di sejumlah perusahaan besar, buku ini memberikan semua perangkat (gear) yang Anda butuhkan untuk berada di puncak karier.

Lebih detailnya, Young on Top terdiri dari empat bagian. Keempat bagian ini mengupas konsep dan cara yang berasal dari pengalaman dan pengetahun Billy Boen dalam mencapai kesuksesan.

Sebagai contoh, di bagian pertama buku ini ada bahasan mengenai Do What You Love & Love What You Do. Intinya, Anda harus mencintai apa yang Anda kerjakan sekarang.

Hal ini mungkin sangat cocok bagi karyawan yang sering mengeluh tentang pekerjaannya.

7. The Power of Doing Less oleh Fergus O’Connel
Anda mungkin merupakan orang yang sibuk. Dengan kesibukan tersebut, Anda barangkali sudah mengerjakan banyak hal.

Namun, apakah yang Anda kerjakan itu benar-benar bermakna? Ataukah itu sekadar hal-hal tidak penting yang hanya membuat Anda kewalahan?

Jika jawabannya ya, Anda mesti melakukan sedikit hal.

Konsep inilah yang ditawarkan Fergus O’Connell dalam bukunya The Power of Doing Less: Raih Hasil Maksimal dengan Melakukan Lebih Sedikit Hal.

Ringkasnya, buku ini mengajak Anda untuk berhenti melakukan banyak hal dan beralih untuk melakukan lebih sedikit hal sehingga Anda akan lebih bahagia.

Selain itu, di dalam buku ini Anda akan belajar cara mengetahui hal yang tepat dikerjakan, menyusun prioritas dengan baik, merencanakan pekerjaan atau proyek, dan sebagainya.

Meskipun pembahasannya meloncat-loncat dan terkadang sukar dipahami, buku ini menawarkan konsep bagus yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya: meraih sukses dengan melakukan sedikit hal.

Penutup
Dengan mengetahui ketujuh di atas, Anda akan menghemat waktu dalam mencari buku-buku pengambangan diri yang bagus (berkulitas).

Jangan ragu untuk membeli dan mempraktikkan apa yang Anda peroleh dari buku-buku tersebut sehingga hidup Anda berubah menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *